Sunday 12 April 2015

I love Thailand

Kali ini saya akan menuliskan tentang budaya-budaya yang ada di Thailand, tapi sebelumnya saya akan menjelaskan dahulu mengenai Thailand itu sendiri.


Kerajaan Thai (nama resmi bahasa Thai: ราชอาณาจักรไทย Ratcha Anachak Thai; atau Prathēt Thai), yang lebih sering disebut Thailand dalam bahasa Inggris, atau dalam bahasa aslinya Mueang Thai (dibaca: "meng-thai", sama dengan versi Inggrisnya, berarti "Negeri Thai"), adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja di timur, Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dan Myanmar dan Laut Andaman di barat. Kerajaan Thai dahulu dikenal sebagai Siam sampai tanggal 11 Mei 1949. Kata "Thai" (ไทย) berarti "kebebasan" dalam bahasa Thai, namun juga dapat merujuk kepada suku Thai, sehingga menyebabkan nama Siam masih digunakan di kalangan warga negara Thai terutama kaum minoritas Tionghoa.

Asal mula Kerajaan Thai secara tradisional dikaitkan dengan sebuah kerajaan yang berumur pendek, Kerajaan Sukhothai yang didirikan pada tahun 1238. Kerajaan ini kemudian diteruskan Kerajaan Ayutthaya yang didirikan pada pertengahan abad ke-14 dan berukuran lebih besar dibandingkan Sukhothai. Kebudayaan Kerajaan Thai dipengaruhi dengan kuat oleh Tiongkok dan India. Hubungan dengan beberapa negara besar Eropa dimulai pada abad ke-16 namun meskipun mengalami tekanan yang kuat, Kerajaan Thai tetap bertahan sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa, meski pengaruh Barat, termasuk ancaman kekerasan, mengakibatkan berbagai perubahan pada abad ke-19 dan diberikannya banyak kelonggaran bagi pedagang-pedagang Britania.

Oke mari kita bahas lebih lanjut mengenai Budaya-budaya yang ada di Thailand, maybe Muay Thai? Yang kaya kita tonton di film Ong Bak itu? Oh dari Thailand ya!

Muay Thai, sejenis seni bela diri kickboxing ala Kerajaan Thai, adalah olahraga nasional di Kerajaan Thai dan merupakan seni beladiri setempat. Popularitasnya memuncak di seluruh dunia pada tahun 1990-an. Ada pula seni beladiri yang mirip dengan muay Thai di negara-negara lain di Asia Tenggara.

Bagaimana dengan Kesenian di Thailand? mungkin ini bisa memberi sedikit penjelasan.

Seni visual yang tradisional terutama Buddha. Thailand Buddha gambar dari periode yang berbeda memiliki sejumlah gaya yang khas. Thai seni dan arsitektur candi berevolusi dari sejumlah sumber, salah satunya adalah arsitektur Khmer. Seni kontemporer Thailand sering mengkombinasikan unsur-unsur tradisional Thailand dengan teknik modern. Sastra di Thailand sangat dipengaruhi oleh budaya Hindu India. Karya-karya sastra yang paling menonjol Thailand adalah versi dari Ramayana, epik agama Hindu, yang disebut Ramakien, yang ditulis sebagian oleh Raja Rama I dan Rama II, dan puisi Sunthorn Phu. Tidak ada tradisi drama diucapkan di Thailand, peran, bukan diisi oleh tarian Thailand. Ini dibagi menjadi tiga kategori lakhon-khon, dan likay-khon yang paling rumit dan likay yang paling populer. Nang drama, bentuk wayang, ditemukan di selatan. Musik Thailand termasuk tradisi musik klasik dan rakyat serta string atau musik pop.

How about Thailand's Foods? Check this yoooow.


Masakan Thailand terkenal dengan campuran dari empat rasa dasar:

* Manis (gula, buah)
* Pedas panas (cabai)
* Asam (jeruk nipis, asam)
* Asin (kecap ikan, kecap)

Sebagian besar hidangan dalam masakan Thailand mencoba untuk menggabungkan bumbu. Hal ini dilakukan dengan menggunakan sejumlah bumbu, rempah-rempah dan buah, termasuk: cabe, bawang putih lengkuas, daun jeruk, kemangi, selasih, jeruk nipis, serai, ketumbar, merica, kunyit, dan bawang merah.


Bagaimana dengan pernikahan? Oke here we go.



Upacara pernikahan antara Buddhis Thailand umumnya dibagi menjadi dua bagian: sebuah komponen Buddhis, yang meliputi pembacaan doa dan persembahan makanan dan hadiah lain untuk para bhikkhu dan gambar Buddha, dan komponen non-Buddhis berakar pada tradisi rakyat, yang berpusat pada keluarga pasangan. Pada masa lampau, itu tidak diketahui oleh para biksu Budha untuk hadir pada setiap tahap upacara pernikahan itu sendiri. Sebagai biarawan diminta untuk mengurus pemakaman, kehadiran mereka di sebuah pernikahan (yang dikaitkan dengan kesuburan, dan dimaksudkan untuk menghasilkan anak-anak) dianggap sebagai pertanda buruk. Seorang pasangan akan mencari berkat dari kuil lokal mereka sebelum atau setelah menikah, dan mungkin berkonsultasi dengan seorang biarawan untuk saran astrologi dalam pengaturan tanggal menguntungkan untuk pernikahan. Pernikahan Non-Buddhis sering akan berlangsung pada hari yang terpisah.

di zaman modern, larangan ini telah secara signifikan santai. Hal ini tidak biasa untuk kunjungan ke sebuah kuil yang harus dilakukan pada hari yang sama sebagai non-Buddhis bagian dari pernikahan, atau bahkan untuk pernikahan untuk mengambil tempat dalam kuil. Sementara pembagian masih sering diamati antara “agama” dan “sekuler” bagian dari layanan pernikahan, mungkin sederhana seperti para biarawan hadir untuk upacara Buddha berangkat untuk makan siang setelah peran mereka selesai. Selama komponen Buddhis dari layanan pernikahan Mereka kemudian membacakan doa-doa tertentu dasar Buddhis atau nyanyian (biasanya termasuk mengambil tiga perlindungan dan Lima Sila), dan kemenyan cahaya dan lilin sebelum foto. Orang tua dari pasangan kemudian dapat dipanggil untuk ‘menghubungkan’ mereka, dengan menempatkan pada kepala pengantin wanita dan laki-laki. Pasangan itu kemudian dapat membuat persembahan makanan, bunga, dan obat-obatan kepada para bhikkhu ini. Kas hadiah (biasanya ditempatkan dalam amplop) juga dapat disajikan ke kuil pada saat ini.

Kemudian para bhikkhu dan para biarawan berkumpul. Mereka memulai serangkaian bacaan kitab suci Pali dimaksudkan untuk membawa pahala dan berkah bagi pasangan baru. String berakhir dengan biarawan memimpin, yang dapat menghubungkan ke sebuah wadah air yang akan ‘dikuduskan’ untuk upacara. Merit dikatakan perjalanan melalui string dan disampaikan ke air; pengaturan yang sama yang digunakan untuk mentransfer pahala kepada orang mati di sebuah pemakaman, bukti lebih lanjut dari melemahnya tabu pada citra pemakaman pencampuran dan riasan dengan upacara pernikahan. Terpujilah air dapat dicampur dengan tetesan lilin dari lilin menyala sebelum gambar Buddha dan unguents lainnya dan herbal untuk menciptakan sebuah ‘paste’ yang kemudian diterapkan pada dahi pengantin untuk menciptakan sebuah ‘titik’ kecil, mirip dengan menandai kadang-kadang dibuat dengan tinta merah pada umat Hindu. Tanda pengantin dibuat dengan pangkal lilin daripada jempol biarawan itu.

Sekarang biksu tertinggi dapat memilih untuk mengatakan beberapa kata untuk pasangan, menawarkan nasihat atau dorongan. Pasangan itu kemudian dapat membuat persembahan makanan kepada para bhikkhu, di mana titik bagian Buddhis dari upacara ini adalah menyimpulkan. Sistem mahar Thailand dikenal sebagai ‘Dosa Sodt’. Secara tradisional, pengantin pria akan diharapkan untuk membayar sejumlah uang untuk keluarga, untuk mengimbangi mereka dan untuk menunjukkan bahwa pengantin laki-laki secara finansial mampu merawat putri mereka. Kadang-kadang, jumlah ini adalah murni simbolis, dan akan kembali ke pengantin setelah pernikahan telah terjadi.

Komponen religius upacara pernikahan antara Muslim Thailand sangat berbeda dari yang dijelaskan di atas. Imam dari masjid lokal, pengantin pria, ayah dari pengantin wanita, laki-laki dalam keluarga dan laki-laki penting dalam komunitas duduk dalam lingkaran selama upacara, yang dilakukan oleh Imam. Semua perempuan, termasuk pengantin wanita, duduk di ruang terpisah dan tidak memiliki partisipasi langsung dalam upacara tersebut. Komponen sekuler upacara, bagaimanapun, sering hampir identik dengan bagian sekuler upacara pernikahan Buddhis Thailand. Satu-satunya perbedaan penting di sini adalah jenis daging yang disajikan untuk tamu (kambing dan / atau daging sapi bukan daging babi). Thai Muslim sering, meskipun tidak selalu, juga mengikuti konvensi dari sistem mahar Thailand.

Mungkin segitu dulu yang bisa saya sampaikan CMIIW!! :))

Source :
https://imeldanurlaila14.wordpress.com/2014/12/26/kebudayaan-negara-thailand
http://maylanilestari.blogspot.com/2011/04/kebudayaan-negara-thailand.html
id.tourismthailand.org/Travel-and-Transport/FAQs/Thai-Food-Culture
www.anneahira.com/budaya-negara-thailand

0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

Copyright © Fatwa Kurnia Budiman | Powered by Blogger