Friday 13 March 2015

Apa itu Ilmu Sosial dasar dan Ilmu Budaya Dasar?

Mungkin sebelumnya ada yang belum tau apa perbedaan dari Ilmu Sosial Dasar ataupun Ilmu Budaya Dasar, mungkin juga memperkirakannya hanya dari membaca bagian Sosial dan Budaya saja kita sudah tau perbedaannya. Tapi jika kalian kuliah di Universitas Gunadarma pasti kalian sudah akan tau apa itu Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar karena kedua hal tersebut termasuk dalam ilmu Softskill di Universitas Gunadarma, jika Ilmu Sosial Dasar ada di semester 1 maka Ilmu Budaya Dasar ada di semester 2.

Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar sebenarnya merupakan suatu yang berhubungan dari kedua ilmu tersebut.
 Secara umum dapat dikatakan ilmu sosial dan budaya dasar merupakan pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah sosial manusia dan kebudayaan. Istilah ISBD dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang artinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.


Jika kita pisah apa itu Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar maka kita bisa mengetahui sedikit perbedaannya.

  • ISD atau biasa kita kenal sebagai Ilmu Sosial Dasar. Terdiri dari 3 kata apabila kita memisahkannya. Ilmu, Sosial, dan Dasar.
    • Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.
    • Sosial adalah segala perilaku manusia yang merujuk pada hubungan-hubungan manusia dalam kemasyarakatan, hubungan antar manusia, hubungan manusia dengan kelompok, serta hubungan manusia dengan organisasi untuk mengembangkan dirinya.
    • Dasar adalah sesuatu yang paling bawah atau paling mudah

  • IBD atau bisa dibilang Ilmu Budaya Dasar. Ilmu ini memang tergolong baru untuk saya. Tapi bisa dibilang gambaran manfaat dari mempelajari ilmu ini pun sudah bisa terbayangkan. Sama seperti ISD, IBD juga terdiri dari 3 kata. Ilmu, Budaya dan Dasar.
    • Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. 
    • Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
    • Dasar adalah sesuatu yang paling bawah atau paling mudah.
Mungkin sekian pembahasan kita kali ini mengenai Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar, dan juga mohon ma'af jika saya banya "typo-nya" di karenakan hari ini saya baru bisa melihat lagi meski agak sedikit buram pasca operasi lasik, jika ada kesalahan mohon di ma'afkan sekian dan terimakasih.

Source : 
https://afrizalwszaini.wordpress.com/makalah/analisis-pengertian-ilmu-sosial-dan-budaya-dasar/
http://pengertianbahasa.blogspot.com/2013/02/pengertian-ilmu.html
http://www.anneahira.com/pengertian-sosial.htm
http://www.slideshare.net/TriAdnyana/budaya-adalah-suatu-cara-hidup-yang-berkembang-dan-dimiliki-bersama-oleh-sebuah-kelompok-orang-dan-diwariskan-dari-generasi-ke-generasi

0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

Copyright © Fatwa Kurnia Budiman | Powered by Blogger