Thursday 22 January 2015

Pengaruh Elit Politik terhadap kehidupan bermasyarakat

Hi.....

Jadi setelah kemarin saya membahas tentang pengaruh dampak Globalisasi, kali ini kita akan berganti topik ke dalam kehidupan "Politik", apa sih politik itu? Jadi gini secara singkatnya Politik itu ialah suatu cara atau metode untuk bisa meraih sesuatu yang ingin dituju tapi itu merupakan secara singkatnya, dan jika secara umumnya Politik ialah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain proses pembuatan keputusan khususnya dalam negara.



Lalu apakah ada pengaruhnya terhadap kehidupan bermasyarakat kita? Tentu saja ada! Setiap kita berganti presiden maupun anggota legislatif lainnya otomatis perilaku dan cara hidup kita akan berubah mengikuti keputusan yang mereka ambil, saya ambil sebuah contoh kecil ketika Presiden Jokowi diangkat menjadi seorang Presiden kita akan lebih banyak melihat orang-orang menggunakan Kemeja dibandingkan Jas bagus dan mewah (Haha ini cuma contoh ya!) ya meskipun itu hanya sebuah hal kecil tapi itu membuat masyarakat terpengaruh dan mengikutinya (Meskipun tidak semua orang).

Dan apa sajakah yang termasuk kelompok Elit Politik? Ya semacam DPR dan lainnya yang bisa mempengaruhi dan memiliki kekuasaan untuk membuat keputusan. Pengaruh Elit Politik bagi saya? Jujur saja jika ada orang yang membicarakan tentang Politik saya lebih suka diam dan hanya mendengarkan di banding ikut berkritik dan berpendapat, kenapa bisa begitu? Ya contoh yang baru-baru ini seperti saat pemilihan Presiden yang lalu Indonesia seperti dibagi menjadi 2 bagian yang satu sama lainnya saling menjelek-jelekan, apakah ini contoh ke-"Bhineka Tunggal Ika"-an? Atau apakah ini contoh "Persatuan dan Kesatuan"? Melihat 2 kelompok besar yang mendukung "Wowo" dan "Dodo" saling menjelek-jelekan saja bisa merubah dan mempengaruhi kita, ya pasti tidak perlu di jelaskan sudah terlintas di pikiran kalian apa itu pengaruhnya.

Adapun dampak penagaruh Elit Politik di bidang sosial menurut saya :
  • Masyarakat sangat tidak ingin mengetahui tentang politik! Tidak percaya? Oke begini jika kalian pendukung Pak "Wowo" dan kalian mengetahui bahwa Pak "Dodo" lah yang menang apa kalian masih ingin tetap mengetahui politik? Banyak yang tidak dan malah menjadi Masa Bodoh lah terhadap Politik karena hal tersebut.
  • Yang kedua persoalan pergaulan, tidak mungkin pendukung Elit politik yang berlambangkan "Garuda" dan "Banteng" akan nongkrong dan ngopi-ngopi bareng, yang ada malah adu mulut dan berakhir adu jotos.
  • Dan yang paling meresahkan dan merugikan adalah karena kurangnya pengawasan masyarakat luas terhadap Elit Politik membuat kelompok tersebut melakukan hal yang semena-mena, sebagai contoh menggunakan uang rakyat untuk kepentingan partai atau mudahnya di sebut "Korupsi"
Mungikn itu saja pendapat yang saya bisa berikan dan juga saya masih belajar, oleh karena itu kurang lebihnya mohon dima'afkan atau mungkin juga boleh ditambahkan. Correct me if i wrong aka CMIIW.

0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

Copyright © Fatwa Kurnia Budiman | Powered by Blogger