Monday 3 October 2016

Tugas 1 (Sistem Operasi)

Jelaskan dan berikan contoh tentang Komputer berdasarkan data yang diolah, ukuran, dan penggunaan!

Komputer memiliki banyak kelas bila dilihat secara umum, disini ada sedikit penjelasan tentang beberapa contoh Komputer yang berdasarkan pada data yang diolah, ukuran, dan penggunannya.

Berdasarkan Data yang diolah :

Komputer Analog.

Analog Computer adalah komputer yang bekerja secara paralel (analog) untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan (kontinyu), datanya berupa besaran fisik dan angka-angka (kuantitatif) seperti temparatur, tekanan udara, kecepatan angin, arus listrik, gelombang suara, dll. Output komputer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian (control) sebuah mesin. Komputer ini banyak digunakan pada pengendalian industri kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk memantau denyut jantung.



Ciri komputer analog adalah :
  • Data yang diolah merupakan data kualitatif (pengolahan dilakukan atas pulsa kontinyu).
  • Digunakan dalam proses pengawasan suatu pengolahan.
  • Bekerja secara kontinu dan parallel.
  • Tidak memerlukan bahasa perantara.
  • Mengolah data dalam bentuk fisik.
  • Keluaran yang dihasilkan biasanya dalam bentuk gafik.

Kelebihan Komputer Analog :
  • Kecocokan dalam pengukuran.
  • Pengolahan data cepat.
  • Merupakan special-purpose komputer.
  • Merepresentasikan besaran yang akan diproses dan yang dihasilkan dalam suatu rentang nilai tertentu yang disesuaikan dengan nilai besarannya,
  • Berdayaguna untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri.

Kekurangan Komputer Analog :
  • Dalam memproses data kurang tepat.
  • Masih kurang bahkan tidak dapat memproses data berupa angka.
  • Hanya menyelesaikan suatu masalah yang khusus.
  • Memiliki komponen yang berlebihan dan banyak hingga disebut rumit.
  • Tidak terstruktur.
  • Tidak multifungsi.
  • Daya tenaga yang masuk banyak sementara daya hasil keluaran tidak seimbang/kurang.

Contoh: Amperemeter, Voltmeter, Barometer, Termometer.

Komputer Digital.

Digital Computer adalah komputer yang bekerja berdasarkan operasi hitung. Variabel dalam komputer ini dinyatakan dengan angka-angka. Penyelesaian masalah dilakukan dengan proses aritmatik dan logik (kuantitatif). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !. Jenis komputer ini biasa digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik.




Kelebihan Komputer Digital adalah :
  • Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog.
  • Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses.
  • Dapat melakukan operasi logika, yaitu membandingkan dua nilai danmenentukan hasilnya, yaitu membandingkan elemen nilai yang satu lebihkecil atau sama dengan, atau lebih kecil sama dengan, atau tidak samadengan elemen nilai yang kedua.
  • Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus.
  • Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf, grafik maupungambar.

Contoh : Kalkulator, Timbangan berat badan digital, IBM PC3, Desktop di rumah kita, dan lainnya.

Komputer Hybrid.

Hybrid Computer adalah komputer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif. Komputer ini merupakan gabungan antara komputer analog dan komputer digital. Komputer hybrid merupakan computer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif karena merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital.



Kelebihan Komputer Hybrid :

  • Lebih cepat dari Analog dan Digital

Contoh : Robot yang digunakan di pabrik dan di rumah sakit.


Berdasarkan Ukuran :

Mainframe

Mainframe dalam bahasa inggris merupakan istilah dari Teknologi Informasi yang mengacu pada kelas tertinggi dari suatu komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi rumit dalam jangka waktu yang sangat singkat. Mainframe pada umumnya banyak digunakan pengguna yang terkoneksi langsung dengan menggunakan terminal.




Ciri-ciri Komputer Mainframe :
  • Processor yang dimiliki lebih dari satu, sehingga kecepatan prosesnya jauh lebih cepat dibandingkan dengan mini komputer
  • Kecepatan kerja yang diimiliki mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik
  • Mampu mengakses dalam satu komputer pada saat yang bersamaan, yang dikenal dengan timesharing.

Contoh : IBM System/360, IBMSystem (ESA)/390, Honeywell-Bull DPS 7.

Minicomputer

Komputer mini (Inggris: minicomputer) adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi. Istilah komputer mini dalam era sekarang ini sudah dianggap kuno dan diganti dengan istilah-istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) dalam duniaIBM, stasiun kerja (workstation) dalam dunia Sun Microsystems dan UNIX/Linux serta server.



Contoh : PDP-8, PDP-11, VAX, Xerox Star, IBM System/370.

Microcomputer

Mikrokomputer adalah interkoneksi antara mikroprosesor (CPU) dengan memori utama (main memory) dan antarmuka Input-Output (I/O devices) yang dilakukan dengan menggunakan sistem interkoneksi bus. Berikut adalah susunan gambar dari Mikrokomputer.



Contoh : Altair 8800, Tandy TRS-80, IBM PC/kompatibel (Desktop), IBM PC/kompatibel (Laptop), Apple I, Apple II, Apple Lisa, Apple Macintosh, Apple iMac, Apple MacMini, Apple PowerMac, Apple PowerBook, Apple iBook, Apple MacBook

Berdasarkan Penggunaannya :

Special Purpose Computer

Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, yang biasanya hanya berupa satu masalah saja. Program komputer sudah tertentu dan sudah tersimpan di dalam komputernya. Komputer ini dapat berupa komputer digital maupun komputer analog, dan umumnya komputer analog adalah Special Purpose Computer.
Special Purpose Computer banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri dan untuk tujuan militer, untuk memecahkan masalah navigasi di kapal selam atau kapal terbang.
Sekali Special Purpose Computer sudah diprogram untuk masalah yang khusus maka tidak dapat digunakan untuk masalah yang lainnya, tanpa adanya perubahan-perubahan yang dilakukan di dalam komputer.



Contoh : Komputer untuk kasir.

General Purpose Computer

Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah, dapat mempergunakan program yang bermacam-macam untuk menyelesaikan jenis permasalahan-permasalahan yang berbeda. Karena komputer jenis ini tidak dirancang untuk masalah yang khusus, maka dibandingkan dengan Special Purpose Computer , kecepatannya lebih rendah.
General Purpose Computer dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berbeda, misalnya aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan data, permaianan, dsb.
General Purpose Computer dapat merupakan komputer digital maupun komputer analog, tetapi umumnya komputer digital adalah General Purpose Computer.



Contoh : Komputer yang biasa kita temui.

0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

Copyright © Fatwa Kurnia Budiman | Powered by Blogger