Wednesday 23 March 2016

SOAP?, let's learn together.

Simple Object Access Protocol (SOAP), adalah sebuah standarisasi dasar dari protokol komunikasi untuk saling bertukar informasi terstruktur di antara aplikasi-aplikasi yang berjalan. SOAP adalah sebuah aplikasi pesan XML yang sangat bergantung pada skema XML dan XML namespacesuntuk mendifinisikannya. SOAP juga sangat bergantung dengan beberapa protokol layer lainnya seperti HTTP, JMS, RPC untuk transmisi pesan.


SOAP sangat efektif untuk berbabagai macam aplikasi multi tier untuk berkomunikasi lintas sistem operasi/platfrom yang berbeda dengan teknologi dan bahasa pemrograman yang berbeda-beda pula.
SOAP menjadi sangat mudah diterima oleh berbagai pihak – terutama oleh berbagai vendor TI – dikarenakan protokol ini memanfaatkan berbagai teknologi yang sudah ada sebelumnya dan sudah banyak digunakan. Misalnya untuk protokol transport, yang paling banyak digunakan adalah HTTP, walaupun dimungkinkan untuk menggunakan protokol transport lainnya. Sedangkan untuk format data atau message digunakan XML yang tidak diragukan lagi manfaat dan perannya di dalam pertukaran data.

Peran SOAP di dalam teknologi web service adalah sebagai protokol pemaketan untuk pesan-pesan (messages) yang digunakan secara bersama oleh aplikasi-aplikasi penggunanya. Spesifikasi yang digunakan tidak lebih seperti sebuah amplop biasa berbasis XML untuk informasi yang ditransfer, serta sekumpulan aturan bagi translasi aplikasi dan tipe-tipe data platform yang spesifik menjadi bentuk XML. Desain bentuk dari SOAP membuatnya cocok untuk berbagai pertukaran pesan pada aplikasi.

Sebuah pesan SOAP adalah sebuah dokumen XML yang berisi elemen-elemen berikut:
  • Envelope element yang mengidentifikasi dokumen XML sebagai sebuah pesan SOAP.
  • Elemen header yang berisi informasi header. Elemen ini bersifat opsional.
  • Elemen body yang berisi panggilan dan merespon informasi.
  • Fault element yang berisi pesan kesalahan yang terjadi pada waktu proses. Elemen ini opsional.
Dengan demikian, tidaklah terlalu mengherankan bila kemudian SOAP dianggap sebagai solusi penyelamat untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi oleh teknologi – teknologi pendahulunya.

Mungkin sekian dulu ulasan tentang Pre-WEB atau jaman sebelum Internet muncul, bila ada yang kurang silahkan berkomentar di blog ini, terimakasih~.

source :
http://www.fardianbandicoot.blogspot.co.id/2013/12/pengertian-dan-penerapan-soap-simple_17.html
https://virgilliushengky.wordpress.com/2014/01/05/soap-simple-object-access-protocol/
http://indrapermana.weblog.esaunggul.ac.id/2013/12/04/soap-simple-object-access-protocol/

0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut

Copyright © Fatwa Kurnia Budiman | Powered by Blogger